Perjalanan Alam Perkahwinanku

Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, June 8, 2011

THOR

Thor
Dewa petir. Dalam Mitologi Nordik, Thor (bahasa Norwegia kuno: Þórr; bahasa Inggris kuno: Þunor) adalah “Si janggut berambut merah” yang bergelar sebagai Dewa Petir.Thor merupakan anak Odin dengan raksasa wanita, Jörd, Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Wilayah kekuasaannya bernama Thrudvangar dengan 540 apartemen. Thor punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar  yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.
Dewa yang diklaim sebagai yang terkuat. beristrikan Sif yang sempat diusilin Loki, dengan memotong rambut indahnya. Senjatanya adalah palu yang bila dilemparkan (disertai gemuruh dan petir2) akan kembali ke tangan pelemparnya. Bernama palu Mjolnir.

Dalam mitologi Nordik lagi, Mjolnir adalah palu atau gada besar yang dipakai oleh Thor putra dari Freyr untuk berperang. Mjolnir merupakan palu yang mempunyai kekuatan listrik sebagaimana pemakainya, dewa Thor. Mjolnir dilambangkan membantu Thor dalam banyak peperangan dan pertarungan. Adapun sumber lain yang mengatakan bahwa Mjolnir merupakan alat yang dipakai Thor untuk membuat petir.

Loki pernah membantu Thor mendapatkan kembali Palu Petirnya yang dicuri. Namun saat Ragnarok terjadi mereka di berseberangan.
Thor membunuh Fenrir yg telah membunuh ayahnya(Odin), namun Thor pun mati keracunan karena gigitan Jörmungandr setelah berhasil membunuhnya

No comments:

Post a Comment